Digital Marketing: New Strategi & Tool To Build Strong Brand

Era digital telah membawa perubahan cukup radikal dalam dunia marketing. Aliran deras teknologi banyak membawa perubahan terhadap pola dan gaya hidup konsumen. Pelaku bisnispun dituntut tanggap dan cepat bereaksi atas perubahan ini.

Digital marketing sebagai strategi marketing efektivitasnya terlihat cukup nyata apalagi didukung dengan pengguna internet yang terus meningkat dan pengguna sosial media yang semakin tinggi. Indonesia menempati peringkat dua dunia pengguna Facebook, serta lima besar dunia untuk pengguna Twitter. Hal ini makin mengukuhkan Digital marketing membawa peran penting bagi Marketer untuk meningkatkan brand image yang kuat di pasar.

Ada beberapa pertanyaan dibenak kita:

  1. Bagaimana perilaku konsumen di era digital ini?
  2. Benarkah Digital Marketing Low Budget High Impact?
  3. Bagaimana membangun infrastruktur perusahaan untuk mengimplementasikan Digital marketing?
  4. Bagaimana menggunakan Digital Marketing untuk membangun merek?
  5. Apakah konvensional marketing akan mati?

Saya tidak akan menjawab semuanya, namun mencoba menjawab sesuai dari apa yang telah saya ketahui saja.

PERILAKU KONSUMEN DI ERA DIGITAL

Perilaku konsumen sangat dipengaruhi dengan kemajuan teknologi di era digital seperti sekarang. Mobile device yang membanjir turut membawa andil besar terhadap perubahan perilaku ini. Jika dulu marketing mengedukasi konsumen dan cenderung menjual produk, tidak untuk sekarang. Saat ini konsumen sudah memposisikan diri setara dengan produsen. Konsumen sudah tidak lagi bisa dibujuk, mereka lebih kritis, cerdas, selalu ingin tahu. Peran individu sudah semakin kuat (powerful) saat mereka sudah terhubung ke internet. Di sana akan terjadi interaksi yang saling pempengaruhi dan saling membantu. Sehingga dapat disimpulkan, di era digital, everyone is marketer. Saat individu bilang produk A bagus dan disampaikan melalui sosial media, seketika itu pula proses marketing berlangsung.

Paparan di atas sudah cukup untuk menggambarkan lanskap bisnis yang sudah berubah. Setiap orang saat ini memiliki peluang yang sama untuk maju. Justin Beiber from nothing to something. Bahkan Briptu Norman dalam tempo 2x24jam bisa menjadi selebritis. Ini bukti adanya demokratisasi di segala bidang berkat kemajuan teknologi. Jadi perhatikan perilaku konsumen Anda. Strategi marketing harus berubah, jangan tunda lagi, atau Anda akan menerima konsekuensinya.

Tunggu bahasan lainnya di tulisan berikutnya.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published.