Windows Phone Kembali Menggeliat, Akankah kembali berjaya?

OS Windows Phone di beberapa Device
OS Windows Phone di beberapa Device

Microsoft saat meluncurkan produk tidak pernah main-main. Ingat masa keemasan Windows Mobile (WinMo) dengan PDAnya? Pada jamannya PDA-Phone begitu merajai. Merek-mereka ternama berlomba membuat device yang menjalankan OS WinMo ini. Dan memang benar, ketika itu orang yang menggenggam PDA/Phone merasa pede dan harga diri terasa naik. Pesaing saat itu yang terasa hanya device yang pengguna Palm dan Symbian. Itupun hanya kaum militan yang fanatik dengan kedua OS tersebut.

Oke lupakan masa itu, setelah beberapa tahun tenggelam dan tepatnya dalam rentang dua tahun yaitu 2002 hingga 2007 mulailah kompetitor baru bermunculan satu per satu. BlackBerry lahir, diteruskan dengan iOS dengan iPhonenya. Sejak saat itulah WinMo pelan-pelan pamornya meredup, hingga akhirnya hilang bak ditelan bumi. Pukulan terasa semakin telak saat Android generasi pertama direlease oleh Open Handset Alliance (OHA). Android 1.0 dengan HTC Dream (T-Mobile G1) sebagai ponsel Android yang pertama.

Dan mulailah babak baru dunia per-smartphone-an dikuasai ketiga Mobile Operating System (OS) tersebut. BlackBerry yang saat itu masih mengagungkan fitur andalan berupa push mailnya dan BlackBerry Messengernya, iOS dengan iPhonenya, menawarkan sensasi baru cara berhandphone serta bergaya, dan Android dengan segala kedigjayaanya yang didukung penuh oleh Google Inc. Ketiganya saling berlomba menguasai market.

Di era 2000an awal hingga 2009 Microsoft serasa mati suri. Tapi sebenarnya mereka mempersiapkan senjata ampuh untuk menggempur kompetitor dijajaran smartphone. Secara resmi tahun 2010 Windows Phone OS untuk pertama kalinya release. Seperti biasa, diawal kemunculannya sebagian orang meremehkan karya Perusahaan IT terbesar di dunia ini. Dengan rasa percaya diri tinggi dan dukungan dari vendor terkenal semacam HTC, Samsung, Nokia, mereka berusaha memperkenalkan jajaran smartphone ber-OS Windows Phone (WP).

Usaha keras dan percaya diri tinggi akhirnya mamastikan Windows Phone tidak bisa dianggap remeh lagi. Tercatat data yang diterbitkan oleh Kantar Worldpanel ComTech, di beberapa negera eropa seperti Inggris, Prancis, Australia, Jerman, dan Itali pengguna WP terus meningkat.

Apakah Windows Phone ini akan kembali merebut hati para Gadget Freak seperti jaman keemasannya? Semoga Microsoft terus melakukan inovasi terhadap OS mereka, serta makin memperbanyak Aplikasi di MarketPlace. Sebagai pengguna tentu memiliki nilai positif karena akan memberikan banyak alternatif pilihan di jajaran smartphone. Nah, sudahkah merasakah sensai Window Phone? Rasakah sensasinya.

Gak perlu beli yang mahal, coba saja Nokia Lumia 520. Meskipun harga murah bukan murahan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *