Unlock Bootloader Xiaomi Mi6 Gampang-Gampang Susah - Griyo Denbagus

Unlock Bootloader Xiaomi Mi6 Gampang-Gampang Susah

KENAPA HARUS UNLOCK BOOTLOADER

Dengan melakukan unlock bootloader (UBL), user akan lebih leluasa melakukan modifikasi handheld (HH) miliknya. Kenapa sih kok pakai di UBL. Iya biar kita bisa mengoptimalkan fitur HH kita. Misalkan, secara hardware, Xiaomi Mi6 sudah mampu full manual photography, tetapi ada kendala tidak bisa live preview seperti pesaingnya. Nah biar bisa, harus dilakukan modifikasi. Termasuk dalam meningkatkan kualitas audio, kualitas foto, dengan UBL kita akan bisa memodifikasi ROM kita dengan banyak tool pilihan atau bahkan custom rom (CUSTROM).

UNLOCK BOOTLOADER ADALAH PILIHAN

Sebenarnya mau UBL atau tidak itu adalah pilihan, yang jelas memang tidak ada yang mudah, ada resiko. Makanya setiap kali kita akan UBL pasti dari pihak produsen selalu mengingatkan berbagai resiko yang mungkin terjadi. Namun, bagi penulis, manfaat dibanding resiko lebih banyak manfaatnya. Makanya hampir semua HH penulis pasti pernah merasakan ‘diperkosa’ dimodifikasi. Yang jelas untuk mendapatkan kepuasan dan supaya beda dengan HH pada umumnya. Selain itu tentu HH kita lebih optimal benar-benar sesuai dengan kebutuhan kita.

KENDALA UNLOCK BOOTLOADER XIAOMI MI6

Tampilan Error Saat Assign Device
Klik gambar untuk detailnya.

UBL device satu dengan yang lainnya tentu punya cara berbeda-beda, saat dulu memakai Sony, HTC, dan sekarang Xiaomi semua punya karakteristik yang unik. Nah, di Xioami Mi6 ini kebetulan penulis ada kendala saat melakukan proses UBL. Ternyata tidak bisa di assign to device, terjadi “error 86006.” Solusi jika menemui masalah ini adalah FLASH dulu ke DEV ROM. Catatan, saat penulis melakukan UBL, ROM posisi di MIUI 8 GLOBAL STABLE (Version: V8.2.2.0.NCAMIEC (MIUI8). Karena error, akhirnya penulis update ke MIUI 9 GLOBAL DEV ROM BETA (Version: 7.8.24 (MIUI9). Barulah proses mulai dilakukan lagi.

.

PROSES UNLOCK BOOTLOADER XIAOMI MI6

Perisiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan UBL.

  1. Pastikan batere terisi minimal 70%.
  2. Backup semua data. Baik local maupun online (Mi Cloud).
  3. Berdoa dan siap menghadapi resiko apapun. (Hehehehe .. kalau ini gak perlu khawatirlah)

Langkah-langkah UBL

  1. Posisi ROM saat UBL

    Posisi ROM saat UBL
    Posisi ROM saat UBL
  2. Memiliki Mi Account, selanjutnya pastikan Mi Clound Sync On.
  3. Langkah berikutnya
    Login dan Sync Mi Account
  4. Klik settings > About Phone> Tap di bagian MIUI Version beberapa kali sampai muncul pemberitahuan bahwa developer mode sudah diaktifkan.
    .
    globalRom
    .
    .
  5. Setelah developer mode aktif, masuk lagi ke setting>additional settings di bagian system & device. Tap pada bagian Developer Options.
    .
    Screenshot_2017-06-23-10-44-38-197_com.android.settings
    .
    .
  6. Pada bagian developer setting, carilah bagian Mi Unlock Status. Tap bagian tersebut untuk Account and Device.
    .
    Screenshot_2017-06-23-10-44-47-192_com.android.settings 121603kqxnqr0wdj00xx50.png.thumb
    .
    .
  7. Jika saat menekan tombol add account and device muncul error 86006, berarti ROM harus ganti dulu lewat stock recovery ke DEV ROM GLOBAL BETA MIUI9. Baru ulangi proses UBL seperti di atas. Namun jika berhasil akan muncul seperti gambar di bawah. Proses add account to device selesai.
    .
    121605ekdqrr82rvvl2t5r.png.thumb.
    .
  8. Selanjutnya mulai proses UBL. Download Mi Unlock di sini. Jalankan. Jika muncul DISCLAIMER, pilih AGREE. Masuk pada halaman seperti di bawah. Isi Mi Account yang telah di link kan sebelumya.
    .
    121606p4sticfllclrn7w1.jpg.thumb
    .
    Mi Unlock akan mengecek permission, sesuai apa tidak account dengan device.
  9. Jika berhasil akan muncul seperti gambar di bawah. Matikan device, masuk  ke mode fastboot (tombol volume down (-) + tombol power berbarengan).
    .
    121607cmud2x2vecd889x9.jpg.thumb
    .
  10. Tinggal tancapkan device sampai terdeteksi dan tombol UNLOCK aktif. TEKAN. Tunggu proses. Jika gagal, tunggu beberapa saat, dan ulangi. Setelah proses UBL selesai, akan REBOOT otomatis. Tunggu sampai selesai booting. Maka Xiaomi Mi6 sudah berhasil di UNLOCK BOOTLOADER. Selanjutnya terserah Anda.

Simpan

Simpan

Simpan

Simpan

Simpan

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *