Sulap Xiaomi Mi5 Jadul Super Lemot Jadi Lebih Ngacir

Nasibmu Kini

Masih ada yang pakai Xiaomi Mi5? Sudah dipensiunkan? Atau jangan-jangan sudah dibuang ke sampah? Duh kasihannya. 

Menulis Lagi

Panggilan itu telah datang. Sekian lama saya tidak menulis tentang gadget. Saya tidak akan bahas tentang gadget-gadget kekinian. Sudah banyak yang ulas di yutub. Tapi saya akan tulis tentang salah satu hp kesayangan saya yang sudah menemani sejak 2016, artinya sudah 4 tahunan, Xiaomi Mi5.

Masa Jaya

Di masanya, tentu hp ini salah satu smartphone handal aka FLAGSHIP dengan spek RAM 4GB dan internal 128GB. Tapi namanya teknologi, masanya cepat sekali berlalu. Jika dijual tentu sudah tak ada nilainya. Kebetulan saya butuh HP untuk operasional jualan. Daripada beli HP baru yang harga 2-3jtan tentu speknya ecek-ecek. Mending saya upayakan optimalkan HP lama ini apalagi sudah dual sim.

Dari fisik setiap device yang saya miliki selalu LIKE NEW. Ya maklum, saya tidak bisa melihat device jorok apalagi sampai kayak habis dipakai perang. Intinya secara kinerja masih top banget dan fisik masih sempurna. Hanya baterai saja yang sudah mulai ngos-ngosan perlu diganti. Gampang kalau ini.

Lantas apa yang saya lakukan agar HP jadul ini bisa berasa HP baru. Seperti baru karena penampilan fisik masih mulus, spek gak malu-maluin, performance masih bisa ditingkatkan.

Kalau Anda Sultan Sah-Sah Saja

Saya hanya bilang, kalau punya HP lama dan performance sudah mulai lelet, jangan buru-buru ganti. Kecuali kalau Anda memang pengen gaya aja beli HP baru. Saya akan coba share pengalaman saya yang menyulap HP lama serasa HP baru.

Saya nanya, dari pembaca di sini, yang sudah update HP ke Android 10 siapa? Yang jelas saya merasa Android 10 memang lebih ngacir, ringan, user friendly banget. Apalagi kalau ROM base on AOSP. Maknyus.

Nah, hp saya ini karena performance sudah super lelet, akhirnya saya berupaya bagaimana agar performance bisa meningkat lagi. Salah satunya tentu dengan membersihkan bloatware alias aplikasi gak kepakai, optimasi ram dan storage. Satu-satunya cara ya harus menggunakan custom rom (cusrom).

ROM Pilihan Saya

Dari sekian custom rom yang saya baca di XDA-DEV, akhirnya jatuh ke PIXEL EXPERIENCE Android 10. Setelah saya baca dengan seksama, mulaikan beraksi.

Karena Mi5 ini masih perawan, solusinya harus dijebol dulu pertahannya. Yups, kita jebol dulu kuncinya alias di UNLOCK BOOTLOADERnya supaya bisa diisi CUSROM.

Langkah selanjutnya tentu mencari tools untuk memudahkan FLASH CUSROM. Flashtool menggunakan recovery TWRP versi terbaru untuk Xiaomi Mi5. Setelah semua kebutuhan didapat,  langsung eksekusi. Pertama flash rom lewat TWRP, setelah itu baru saya ROOT sekalian menggunakan MAGISK agar bisa full modifikasi.

Dan setelah semua beres, saatnya trial. Eng ing eng …. Luar biasa. HP yang sebelumnya super lelet, langsung jadi wus-wus. Penggunaan storage yang biasanya sistem menghabiskan hampir separuh storage, langsung lega dengan CUSTOM ini. Manajemen RAM juga lebih optimal. Biarpun masih RAM 4GB performance tetap smooth. Paling keren UInya simpel karena base on AOSP. Gesturenya mirip IPIN bisa swipe-swipe. Paling penting sudah update ke Android 10. Integrasi dengan googleappsnya yahut.

Sampai tulisan ini dibuat, saya masih terus explore. Rencana pengen optimalisasi lagi kameranya seperti kamera Xiaomi Mi6 biar bisa setting full manual, maklum ini HP sudah 4 tahunan.

Ending

Bagi yang masih menggunakan Xiaomi Mi5 dan ingin memodifikasi agar bisa optimal kembali, berikut saya sertakan sumber material yang saya gunakan.

  1. MiFlash UNLOCK TOOLS – https://s.id/ebP54
  2. TWRP – https://s.id/ebPpa
  3. Custom ROM – https://s.id/ebPVs
  4. MAGISK – https://s.id/ebQ6d
  5. Laptop (saya pakai laptop jadul masih windows 7)
  6. Kabel data yang kualitas bagus atau original agar memperlancar proses transfer data.
  7. Charge HP minimal 70% untuk jaga-jaga hp tidak mati saat sedang proses. Bisa kena sudden death atau mati total (MATOT).

Wes, gitu aja sharing saya, kalau ada yang ditanyakan, tinggalkan komentar. Selamat mencoba. Kalau Anda Sultan gak usah baca tulisan ini, mending beli HP baru kekinian.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *