Sound Setting Pada Digital Audio Player (DAP) Sansa Clip yang di Rockbox

Seperti pernah saya tulis pada artikel sebelumnya, Rockbox merupakan upaya untuk memodifikasi firmware bawaan Digital Audio Player (DAP) dan bersifat Open Source. Tujuan dilakukan Rockbox untuk memperkaya fitur yang ada pada DAP terutama meningkatkan sound quality.

Meskipun Rockbox merubah firmware asli, tetap dapat direset kembali ke firmware bawaan. Atau menggunakan dual booting.

Kali ini saya mencoba sharing tentang fitur-fitur yang ada setelah kita melakukan Rockbox pada DAP kita, terutama berkaitan dengan Sound Quality (SQ), karena tujuan utama Rockbox adalah meningkat SQ.

TAMPILAN SOUND SETTING

Sound Setting
Sound Setting

 

 

 

 

Pada bagian Sound Setting terdapat beberapa paramater  yang dapat dikustomisasi sesuai dengan keinginan dan selera kita, berikut ini beberapa paramater yand dapat kita modifikasi.

  1. Volume
  2. Bass
  3. Treble
  4. Balance
  5. Channels
  6. Stereo Width
  7. Crossfeed
  8. Equalizer
Volume
Pengaturan volume menggunakan sistem decibel (dB) yang mengacu bahwa 0 dB merupakan volume maksimal yang dapat dicapai tanpa terjadinya distorsi suara. Rentang turun naiknya volume yang dapat dilakukan dari yang paling rendah -89 dB hingga tertinggi 6 dB. Hati-hati dalam pengaturan volume suara, aturlah senyaman mungkin jangan berlebihan karena dapat merusak pendengaran jika dilakukan dalam frekuensi yang sering.

Bass
Pengaturan ini lebih ditekankan pada suara frekuensi rendah (bass). Nilai 0 dB bass akan terasa datar.

Treble
Pengaturan ini lebih ditekankan pada suara frekuensi tinggi (treble). Rentang pengaturan bass dari -24 dB hingg 24 dB. Nilai 0 dB berarti bahwa suara treble yang tidak berubah (respon datar). Pengaturan minimum adalah -24dB dan maksimum adalah 24 dB

Balance
Pengaturan ini mengontrol keseimbangan suara kiri dan kanan. Default setting adalah 0, artinya keseimbangan suara di kiri dan kanan berimbang. Sedangkan nilai negatif akan menguatkan suara bagian kiri, sebaliknya nilai positif akan memberi penguatan suara di bagian kanan.

Channels
Audio stereo terdiri dari dua saluran, kiri dan kanan. Pengaturan Saluran dengan cara penggabungan salah satu atau keduanya akan menghasilkan output audio yang berbeda, tergantung jenis penggabungannya seperti apa. Pilihan yang tersedia adalah:

  • Stereo.
    Sinyal audio yang tidak dimodifikasi.
  • Mono.
    Menggabungkan kedua saluran. Output audio dihasilkan monophonic.
  • Custom.
    Memungkinkan Anda secara manual mengatur lebar stereo dengan pengaturan Lebar Stereo.
  • Mono Kiri.
    Memainkan suara kiri di kedua saluran.
  • Mono kanan.
    Memainkan suara kiri di kedua saluran.

Stereo Width
Stereo Width memungkinkan Anda secara manual menentukan efek yang diterapkan ketika pengaturan Saluran diatur ke “custom”. Pengaturan Stereo Width akan mengakibatkan suara terkesan melebar atau menyempit.

Crossfeed
Crossfeed memberi pengalaman mendengarkan musik pada headphone layaknya mendengarkan musik dengan speaker stereo.Ketika Anda mendengarkan musik melalui speaker, setiap telinga akan mendengar suara yang berasal dari kedua speaker. Namun, suara dari speaker kiri akan diterima sedikit pada telinga kanan Anda, begitu juga sebaliknya.

Telinga dan otak manusia sangat baik dalam menafsirkan perbedaan waktu antara suara langsung dan suara yang dipantulkan. Informasi yang didapat akan mengidentifikasi arah darimana suara berasal. Di sisi lain, ketika mendengarkan headphone, setiap telinga hanya mendengar saluran stereo yang sesuai saja.

Telinga kiri hanya mendengar saluran kiri dan telinga kanan hanya mendengar saluran yang kanan. Hasilnya adalah bahwa suara dari headphone tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Fungsi crossfeed menyelaraskan suara kiri dan kanan secara tepat agar menghasilkan suara stereo yang alami. Banyak orang merasa capek atau lelah saat mendengarkan audio melalui earphone karena tidak adanyanya efek crossfeed.

Equalizer
Parameter fitur Equlaizer (EQ) Rockbox  dapat digunakan untuk mengontrol parameter yang berbeda untuk setiap band EQ seperti mengatur Bass dan Treble pengaturan dijelaskan sebelumnya, namun dengan EQ memungkinkan Anda untuk mengontrol suara lebih jauh.


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *