web analytics

SDFix Solusi Cepat Mengatasi Writable MicroSD di Android KitKat

microsdNO
Android Kitkat membatasi penggunaan MicroSD

Lahirnya Kitkat ternyata menyimpin sedikit kekecewaan untuk beberapa pengguna. Adanya aturan baru Google terkait pembatasan pada penggunaan MicroSD. Awalnya saya pikir ada bug di Xperia ZL setelah update KitKat. Iseng-iseng mencoba mencari solusi, ternyata diketahui ini bukanlah bug dari update OS, melainkan kebijakan baru dari pihak Google.

Kebijakan ini disinyalir untuk mendorong pengguna agar memakai layanan berbasis Cloud, seperti Google Drive. Namun tidak disadari, belum semua negara menikmati jaringan internet yang cepat. Sehingga jika diarahkan ke Cloud, saya rasa masih kurang tepat.

Dibatasinya penggunaan MicroSD ini akan berdampak pada pengguna device dengan internal storage terbatas. Apalagi aplikasi dan game yang berukuran besar akan kesulitan dengan storage yang kecil. Batasan yang dimaksud dalam penggunaan microSD adalah dengan menghilangkan kemampuan menulis, memodifikasi, dan menghapus file serta folder dari perangkat android kita. Hal yang paling saya rasakan adalah tidak bisa backup langsung ke microSD melalui TitaniumBackup. Padahal aplikasi ini wajib bagi saya.

Bagi pengguna yang biasa melakukan ritual ‘oprek’ banyak jalan menuju Roma. Satu-satunya cara adalah dengan melakukan ROOTING device dan melakukan beberapa modifikasi file system. Cara termudah adalah dengan menggunakan aplikasi yang banyak beredar di PlayStore. Salah satu yang saya gunakan dan sangat mudah adalah SDFix. Tinggal mengikuti instruksi yang ada, solusi menyimpan dan backup file langsung ke microSD telah terpecahkan. SDFix Solusi Cepat Mengatasi Writable MicroSD di Android KitKat.

Untuk mengunduh SDFix bisa langsung melalui PlayStore, https://play.google.com/store/apps/details?id=nextapp.sdfix

12 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *