Review Lengkap Acer Liquid E3

Ini adalah artikel dan review pertama saya tentang smartphone selain brand Sony / Ericsson, HTC, Nokia, dan Apple. Jujur, hingga tulisan ini dibuat, nyaris saya tidak pernah memiliki handphone (HH) selain keempat merek tersebut untuk kelas smartphone. Kalau feature phone tercatat yang pernah saya gunakan adalah brand Nokia dan Sony/Ericsson. Ceritanya panjang jika harus saya tulis di blog ini.

Oke, lalu kenapa tiba-tiba saya tertarik dengan brand ‘ACER’ Liquid E3 (ALE3). Awalnya karena penasaran saja ingin mencari HH dengan kualitas bagus menurut kriteria saya tetapi dengan harga reasonable di bawah 3 juta. Awalnya ada beberapa kandidat, yang jelas tidak untuk merek Samsung, hehehehe.

Hingga pada akhirnya jatuh cintalah saya pada pandangan pertama dengan Smartphone besutan Acer ini. Meskipun awalnya ragu karena melihat spesifikasi yang dipasarkan secara global, ternyata untuk pasar Asia ALE3 mengusung spesifikasi yang lumayan mewah untuk HH kelas Mid. Yang jelas, sudah menggunakan processor Quad Core 1,2GHz Mediatek, RAM 2GB, dan ROM 16GB. Kerennya lagi, kita bisa memilih aplikasi mau di install di mana, internal atau eksternal storage. Sehingga meskipun aplikasi sangat banyak hingga sekarang internal storage saya tidak berkurang, karena aplikasi yang cukup besar saya install di external storage. Internal tidak akan kekurangan penyimpanan. Namun perlu diingat untuk beberapa aplikasi yang berjalan di background saya sarankan jangan install di external, akan mengganggu kinerja HH dan aplikasi tidak jalan sempurna, contoh untuk aplikasi theme, widget, dan sejenisnya. Sudah ROM 16GB bisa di custom lagi, mantap. Pertimbangan lain saya memilih HH ini adalah layar yang tidak terlalu besar, sehingga masih enak masuk di saku, bentang layar masih di bawah 5 inch, tepatnya 4,7 inch dengan resolusi belum fullHD, 720×1280 dengan density ~312ppi.

DESAIN BODY
Selain spesifikasi yang lumayan, desain bodi ALE3 juga menawan, balutan plastik tidak membuatnya terkesan murahan. Desain unibody nan tipis dengan bentuk yang khas membuatnya makin berkelas dan anti mainstream. Inilah yang menjadi pertimbangan kedua mengapa saya memilih ALE3. Dipegang ringan dan nyaman. Namun karena lumayan tipis, harus sedikit berhati-hati saat menggenggam dan saat menggunakannya, karena rawan lepas dan jatuh. Bauran warna hitam dan list warna merah pada bagian speaker memberi aksen menawan. Finishing pada backdoor yang dibalut warna hitam doff membuatnya makin terlihat mewah. Sehingga skor untuk desain bodi saya beri nilai 9.

Acer Liquid E3
Acer Liquid E3, klik untuk perbesar.

 

DESAIN USER INTERFACE
Melihat tampilan user interface (UI) dari ALE3 terlihat keren menurut saya. Acer cukup serius untuk berusaha menampilkan ciri khas tampilan antar muka smartphone mereka. Tidak mau asal-asalan menggunakan standar UI dari Android. Untuk itu saya beri nilai 8.

Lock Screen
Lock Screen
Home Screen
Home Screen
App Drawer
App Drawer
Quick Setting
Quick Setting
Notification Bar
Notification Bar
Messaging
Messaging
Dial Number
Dial Number

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

FITUR
Tidak lengkap rasanya jika tidak membahas fitur dari ALE3 ini. Pada dasarnya ada beberapa fitur yang sudah umum dimiliki oleh HH lain. Namun ada beberapa fitur standar bawaan yang menurut saya layak untuk dicermati. Diantaranya fasilitas Acer Cloud, Quick Mode, LiveScreen, AcerFloat UI, Acer SnapNote. Masing-masing fitur ini sangat keren menurut saya. Kita bisa kustomisasi HH ini sesuai keinginan dan kebutuhan kita. Dan beberapa fitur lain yang tidak saya sebutkan disini. Aplikasi bawaannya juga lumayan berguna seperti SnapNote yang memudahkan kita mengelola foto untuk kebutuhan presentasi atau sekedar mengkonvert menjadi file PDF. Selain fitu-fitur yang sudah saya sebutkan sebelumnya, di bagian belakang, tepatnya di bawah kamera ada tombol yang memiliki fungsi unik. Kita bisa mengaturnya seolah menjadi tombol pintas ke aplikasi yang kita kehendaki. SimCard Slod keduanya bisa digunakan untuk 3.5G secara bergantian tanpa memindah kartu. Sayang HH ini belum mendukung koneksi LTE. Dari fitur-fitur tersebut saya beri nilai 8.5.

AcerCloud
AcerCloud
Quick Mode
Quick Mode
FloatUI
FloatUI
FloatUI
FloatUI
LiveScreen
LiveScreen

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KAMERA
Smartphone dianggap kuno jika tidak dibekali kamera. Fitur ini bahkan wajib hukumnya untuk sebuah smartphone. Apalagi tren ber-SELFIE ria menjadi hal yang mutlak bagi sebagian orang. Jangan khawatir, kamera dari ALE3 ini sudah sangat mumpuni walau masih ada kekurangan tentunya. Berbekal resolusi sebesar 13Mp, autofocus, dengan teknologi Bright Magic, Acer mengklaim hasil gambar lebih cerah walaupun dalam kondisi low light. Apalagi dukungan lensa dengan bukaan diafragma f1.8 menambah kinerja kamera ALE3 makin sempurna. Namun berdasarkan pengalaman saya, untuk kondisi low light memang bagus secara exposure, tetapi kualitas gambar menurut saya masih kurang, masih banyak noise di sana-sini. Ada baiknya jika ingin kualitas lebih baik bisa mencoba aplikasi kamera lain seperti yang saya coba gunakan adalah ProCapture, AwesomeCamera, CameraFX, dan masih banyak lagi aplikasi kamera keren lainnya. Melalui beberapa percobaan hasilnya lumayan. Satu lagi fitur keren yang saya rasakan sangat berguna adalah pengaturan fokus dan metering exposure yang terpisah. Fitur ini sama dengan fitur yang ada di iPhone yang memudahkan kita mengatur tingkat kecerahan dan fokus secara terpisah. Sehingga tidak akan ada lagi hasil foto yang under maupun over exposure.

Berikut ini contoh menggunakan aplikasi kamera bawaan dan AwesomeCamera. Keduanya menggunakan standard/auto setting. Hasilnya untuk yang kamera bawaan noise terlihat lebih smooth tetapi detail dikorbankan. Sebaliknya untuk yang menggunakan aplikasi Awesome detail lebih terasa tetapi noise lebih terlihat. Foto tanpa editing hanya resize.

Hasil Foto Kamera Standar, Klik untuk memperbesar.
Hasil Foto Kamera Standar, Klik untuk memperbesar.
Hasil Foto AwesomeCam, Klik untuk memperbesar.
Hasil Foto AwesomeCam, Klik untuk memperbesar.
Hasil Foto AwesomeCam, Klik untuk memperbesar.
Hasil Foto AwesomeCam, Klik untuk memperbesar.
Tampilan Exposure dan Focus yang terpisah dari aplikasi AwesomeCam
Exposure & Focus yang terpisah dari aplikasi AwesomeCam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk kamera depan tidaklah terlalu istimewa dengan resolusi sebesar 2MP, namun inovasi yang sudah dilakukan oleh Acer patut diapresiasi, karena kamera depan dilengkapi dengan led flash. Hehehehe menurut saya sih gak begitu perlu kali ya, malah nanti wajahnya jadi over exposure atau bisa-bisa mata terpejam pas ber-selfie ria. Tapi gak ada salahnya dicoba, kalau hasilnya menurut saya sih tidak istimewa, malah masih lebih nyaman tidak pakai flash.

Mbaknya berselfie pakai flash.
Mbaknya berselfie pakai flash.

 

AUDIO
Saya salah satu penikmat musik, sehingga kualitas suara untuk audio menjadi penting pada perangkat smartphone. Awalnya saya meragukan kualitas suara dari ALE3 ini, tetapi setelah membaca dengan seksama ada fitur DTS yang lumayan namun belum memuaskan selera telinga saya. Player juga menggunakan standar bawaan. Kareng saking penasarannya untuk meningkatkan Sound Quality, mau tidak mau saya harus melakukan perombakan pada SoundFXnya. Tidak ada cara lain, HH harus saya ROOT dan porting deh Viper4AndroidFX. Blaaaa … suaranyapun DAHSYAT, tidak kalah dengan Xperia ZL saya dengan fitur Walkmannya. So gak usah khawatir dengan Sound Quality dari ALE3 semua pasti ada cara untuk mengoptimalkan.

BATTERY
Melihat spesifikasi batere yang 2000mAh dengan spesifikasi yang ada seharusnya lebih awet, namun dibanding dengan Xperia ZL saya ternyata beda tipis. Malah lebih boros. Padahal processor yang digunakan adalah Mediatek dan layar lebih kecil 4,7inch. Jadi ane nilai dari ketahanan batere mendapat skor 6. Sama seperti smartphone terbaru terdapat fitur PowerSave untuk digunakan pada kondisi tertentu saat batere menipis.

KESIMPULAN
Dari dua hari saat saya menggunakan ALE3, secara keseluruhan puas. Namun bagi yang doyan ngegame, terutama game berat jangan berharap lebih, karena GPU tidak sebagus Adreno terutama untuk game3D. Namun membaca beberapa review yang suka main game, katanya sih masih kuat. Tapi maaf niat beli HH ini saya bukan buat nge-game. Jadi kesimpulannya dengan spesifikasi, desain, dan fitur yang didapat, ALE3 layak dipertimbangkan bagi siapapun yang ingin memiliki smartphone dengan kualitas produk bagus, after sales lumayan bagus.

FINALLY ACER LIQUID E3 saya nobatkan sebagai!

recommended

 

Beberapa contoh hasil foto dari Flicker Yangcanggih.com. Klik pada gambar untuk memperbesar.

Sample Foto1
Sample Foto1
Sample Foto1
Sample Foto2
Sample Foto3
Sample Foto3
Sample Foto4
Sample Foto4
Sample Foto5
Sample Foto5
fotoale6
Sample Foto1

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *