Otak Kanan Otak Kiri, Bisakah Berubah - Griyo Denbagus

Otak Kanan Otak Kiri, Bisakah Berubah

Otak Kanan dan Otak Kiri

Tangan ini tergelitik untuk menulis tentang peran otak kanan dan otak kiri, gara-gara penesaran dengan aplikasi test otak. Secara algoritma sangat logis, karena penilaian didasarkan pada posting dan aktivitas yang kita lakukan di facebook. Dari data aktivitas tersebut dapat diambil kesimpulan seseorang cenderung lebih banyak menggunakan otak kanan atau kiri. Sama saat kita mengikuti test psikologi dalam syarat melamar kerja. Itulah kenapa kadang HRD menggunakan sosial media sebagai salah satu indikator ukur pada proses rekruitmen karyawan.

Kurang lebih seperti itu logika kerja aplikasi semacam ini. Sayapun akhirnya penasaran dan mencoba melakukan tes. Melihat hasilnya, hmm… terkejut? Tidak sih. Beberapa kali sebenarnya sudah pernah melakukan tes seperti ini, bahkan tes psikolgi, cenderung ke otak kanan. Tapi entah kenapa tiba-tiba belakangan pindah kecenderungan ke otak kiri.

Way of Life

Ada yang salah dengan tesnya? Saya rasa tidak, manusia selalu ditempa dengan berbagai macam dinamika kehidupan. Saat masih anak, punya cita-cita menjadi A, beranjak dewasa mulai ada figur contoh, bisa jadi mulai berubah perilaku dan cara pikirnya. Saat usia mencapai titik matang, variabel penentu dalam bertindak dan berfikirpun berbatambah. Di sinilah sejatinya manusia sudah mulai menentukan jalan hidup yang sejati “The Way of Life.”

Tinggal variabel mana yang akan dominan dalam menentukan ‘SIAPA’ diri kita sejatinya. Variabel kendali yang sangat mempengaruhi manusia berdasarkan pengamatan saya banyak dipengaruhi akal pikir (logika) dan mental spiritual.

Kesimpulan

Hehehehe .. maaf buat yang pakar psikologi, ini hanya tulisan akal-akalan yang juga menggunakan logika dan observasi ngawur. Jadi hasil dan opini siapapun yang membaca bisa berbeda. Poin penting dari tulisan ini menjelaskan bahwa meskipun awalnya manusia kuat di otak kanan/kiri, pada akhirnya bisa saja berubah sejalan berjalannya waktu. Tapi bisa saja tetap cenderung ke salah satu otak hingga sampai akhir hayatnya.

#haveaniceday #kontemplasi #justhuman #denbagus #ordinarypeople

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *