Mobile Marketing Hadir Di Tengah Maraknya Model Pemasaran

Mobile Marketing Hadir Di Tengah Maraknya Model Pemasaran

KONSEP

Membicarakan marketing tidak akan pernah ada habisnya. Internet marketing, digital marketing, marketing 1.0, 2.0, 3.0, 4.0 seperti baru kemarin berseliweran. Lebih spesifik sekarang di dalamnya ada mobile marketing. Dari istilahnya sudah jelas, sasaran utama kampanye pemasaran melalui berbagai mobile device.

Jika kita jeli, mobile marketing sejatinya sudah ada sejak lama. Broadcast, MMS, messenger, bahkan SMS sendiri sudah bisa difungsikan sebagai mobile marketing. Lalu, kenapa sekarang dikhususkan lagi.

PERUBAHAN CEPAT

Begini, zaman terus berubah, perilaku manusia berubah, gaya hidup berubah, kebutuhan berubah, semuanya berubah. Sehingga mobile marketing yang dulu ada belumlah optimal. Dengan perubahan yang teramat cepat inilah sudah seharusnya mobile marketing menjadi bagian penting dari proses strategis dalam bisnis.

Karakter manusia di era sekarang sudah butuh yang serba cepat, instan, dan mudah. Siapa cepat dia menang. Termasuk dalam memberikan informasi. Era marketing 4.0 yang mengusung konsep pemasaran terintegrasi antara online dan offline sebagai pembeda. Informasi harus cepat, akurat, dan kredibel.

KARAKTERISTIK MOBILE MARKETING

Agar bisa optimal dalam kampanye pemasaran melalui mobile device, kita harus paham beberapa model platform, yaitu mengacu pada location based service (LBS), mendeteksi keberadaan pengguna melalui geolocation dan mengirim pesan otomatis di coverage area tertentu. Mirip sms broadcast.

Model lain yang bisa membantu kampanye pemasaran melalui mobile device yaitu memanfaatkan augmented reality mobile campaign, yaitu menampilkan kampanye pemasaran secara langsung melalui media layar mobile device. Sehingga menarik bagi user untuk terlibat dan berinteraksi. Selanjutnya dengan memanfaatkan QR code atau 2D barcode yang memudahkan user mencari informasi tertentu tanpa secara cepat, tinggal scanning langsung menuju informasi yang diinginkan.

Nah begitulah kurang lebih mobile marketing, lalu model kampanye dan konten seperti apa saja yang bisa diterapkan? Sabar ya tunggu artikel berikutnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *