Mental Blocking Bagi Pebisnis Pemula, Modal, Ilmu, Kemauan, Semangat

Mental Block Bisnis Pemula

Buku Kembali Ke Titik Nol

Modal Berkah Tak Ternilai

Nggak punya modal? Yakin? Sejak kita lahir Allah SWT sudah memberi modal kita untuk hidup. Bersyukurlah yang lahir normal. Mata, telinga, mulut, kaki, otak, semua adalah modal yang tak ternilai. Lantas kenapa untuk memulai sesuatu yang baru kadang seseorang cenderung takut ini takut itu, nggak bisa ini nggak bisa itu.

Kita lahir sebagai makhluk sempurna. Akal pikiran diberikan agar kita mau belajar, mau berubah ke arah lebih baik. Namun kenyataannya, banyak orang berfikir bahwa nasibnya sudah ditentukan Allah SWT. Padahal jelas diterangkan bahwa Allah SWT tidak akan mengubah nasib seseorang kalau orang itu tidak mau berusaha.

Mental Blocking

Seperti apa sih mental blocking ini menjangkit banyak orang. Virus ini bisa menyerang siapa saja. Latar belakang seseorang juga mempengaruhi mental blocking ini. Kenapa ada mental blocking, mohon maaf mental blocking biasanya terjadi pada orang yang sudah nyaman, nriman, dan malas.

Ketiganya bisa jadi benar, tapi harus dibuktikan dulu. Nyaman, kenyamanan seperti apa yang dimaksud. Jika seseorang yang sudah bekerja dengan gaji tertentu tetapi masih saja mengeluh, artinya nyaman itu semu.

Nriman, ini yang kadang berbahaya. Sebagai muslim kita tentu percaya rukun iman salah satunya percaya adanya qada dan qadar. Takdir Allah SWT yang sudah dan akan terjadi. Tetapi banyak yang salah mempersepsikan takdir ini.

Contoh, saat kita setiap hari berangkat kerja, sering terlambat. Jangan terus ya ini sudah takdir, padahal sebenarnya ada pilihan agar tidak terlambat. Misal berangkat lebih pagi. Namun jika sudah berangkat lebih pagi tetapi ternyata ada macet karena ada kecelakaan ini barulah takdir.

Selama manusia masih bisa memilih, itu bukanlan takdir. Namun jika sudah berusaha semaksimal mungkin dan kenyataan tidak sesuai yang diharapkan, itu adalah takdir. Lakukan yang kita bisa lakukan, biar Allah SWT melakukan yang kita tidak bisa lakukan.

Macam Mental Block

Mental block berupa pernyataan-pernyataan  pesimis terhadap hidup. Rata-rata untuk memulai bisnis keluhan yang umum disampaikan adalah tidak punya modal, tidak didukung keluarga, malu, tidak bakat, gak tahu caranya, gak ngerti manajemen ini itu, dan seabrek alasan. Jangan bilang saya gak seperti itu kok.

Coba deh sekarang flashback, apa saja yang sudah Anda lakukan selama ini. Adakah sesuatu yang baru atau sebatas rutinitas itu-itu saja. Beruntunglah jika dalam setiap hari ini selalu melakukan hal baru. Mental block di atas seperti penyakit kronis yang harus segera diobati. Jika tidak, niscaya Anda bisa bergerak maju.

Solusi Mengatasi Mental Block

Caranya sih sangat simpel. Pertama buat daftar mental block Anda. Jujur pada diri sendiri. Tulis sebanyak-banyaknya. Mental block biasanya berupa statetement negatif. Berarti statement negatif tadi rubah menjadi positif.

Contoh: [-] “Saya tidak punya modal, gimana bisa membangun bisnis.” Rubah menjadi: [+] “Modal kan tidak harus uang, kita punya motor, mobil, rumah, handphone, kaki, tangan, laptop, dan lain-lain. Semua itu kan sudah lebih dari cukup untuk memulai bisnis.” Masih contoh lainnya.

Gimana belajarnya hari ini. Sudah bisa paham kan bagaimana mental block itu, dampaknya, dan cara mengatasi mental block.

Dalam prinsip saya tidak ada sesuatu yang serba kebetulan. Karena saya yakin Allah SWT yang telah mengatur semua ini GOD SIGN (tanda-tanda Allah SWT). Seperti Anda saat membaca tulisan ini. Berarti Anda sudah menentukan pilihan yang baik. Belajar …!!! dan dipertemukan dengan tulisan ini.

Tapi untuk menjadi sukses atau menjadi gagal dalam hal apapun, itu adalah pilihan.

Semoga tulisan ini bisa menginspirasi dan bermanfaat. Yuk belajar bisnis bareng-bareng, dan bergeraklah maju. Action langsung. Jadi jangan ragu memulai bisnis kita sendiri.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *