Mengoptimalkan Mobile Marketing Untuk Meningkatkan Engagement dan Sales - Griyo Denbagus

Mengoptimalkan Mobile Marketing Untuk Meningkatkan Engagement dan Sales

PENTINGNYA MOBILE MARKETING

Nah setelah sebelumnya membahas singkat tentang mobile marketing, tidak diragukan lagi betapa penting optimalisasi bisnis melalui media ini. Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan mobile marketing ini.

Karakteristik mobile device adalah compact, mudah, dan informatif. Jadi pastikan dulu seluruh marketing tools memenuhi kriteria tersebut. Integrated satu sama lain, baik website, sosial media, mobile apps, dan kanal media lainnya. Analisis terus bagaimana performance masing-masing tools tersebut. Mana yang perlu di boost.

Tulisan ini sedikit membahas bagaimana mobile marketing mampu mendorong tingkat engagement dan konversi penjualan.

Beberapa waktu lalu, saat beriklan di google adwords, penulis ingin melakukan riset sederhana, yaitu ingin mengetahui berapa banyak masyarakat yang mengakses informasi mobile device dibanding desktop. Hasilnya seperti yang diduga, hampir 90% mengakses melalui smartphone. Fakta yang tidak bisa dipungkiri, smartphone sangat penting untuk mobile marketing.

KONTEN YANG TEPAT

Dalam artikel sebelumnya sudah dijelaskan karakteristik pengguna mobile device, yaitu butuh serba cepat, baik dalam mendapatkan informasi, bantuan, maupun saran. Mereka cenderung ingin yang instan tidak bertele-tele. Tidak ingin duduk berlama-lama mencari informasi yang dibutuhkan. Informasi harus segera didapatkan dengan cepat dan akurat.

Contoh, butuh informasi alamat bank terdekat, ya sudah sajikan saja informasi tersebut. Jangan sajikan informasi lainnya yang cenderung membingungkan dan tidak dibutuhkan. Mereka tidak butuh informasi lainnya apalagi yang disertai gambar, video dan lain sebagainya, mereka hanya butuh alamat, tempat, dan lokasi yang akurat. Begitulah karakteristik mobile marketing.

Atas dasar inilah, pemilik bisnis harus memahami betul karakteristik pengguna mobile device. Bila perlu lakukan riset guna mengumpulkan data yang lebih akurat tentang apa saja yang dibutuhkan kustomernya. Sehingga data tersebut dapat optimal digunakan dan tepat sasaran. Konten tersebut harus disajikan dengan cepat dalam porsi yang sesuai tidak berlebihan atau sesuai kebutuhan. Ujungnya pengguna dapat dengan mudah memanfaatkan informasi yang dibutuhkan dan menggunakannya dalam aktivitas atau perjalanannya.

QR CODE

Sedikit disinggung di artikel sebelumnya. Informasi harus cepat tersaji, mudah, dan akurat. Salah satunya menggunakan QR Code ini. Masyarakat yang makin cerdas biasanya banyak cara dalam membeli produk. Selisih yang tidak terlalu besar antara harga online dan offline kadang bisa menjadi penentu konversi dan switching. Dengan adanya QR Code ini konsumen akan lebih cepat mendapat informasi yang dikehendaki dengan cepat.

Inti dari pentingnya QR Code adalah sebagai jalan pintas bagi konsumen untuk mendapatkan informasi yang diperlukan secepat-cepatnya dan seakurat mungkin. Jadi arahkan langsung ke bagian konten yang sangat spesifik dan tertarget, misalkan landing page promo atau halaman khusus kampanye pemasaran kita.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *