Make Over PDA Jadul

Awal tahun 2000 pertumbuhan teknologi informasi begitu cepatnya. Dibarengi pula bermunculannya produk-produk gadget baru. Waktu itu Personal Data Assistant (PDA) masih merupakan barang langka, harganyapun masih melambung tinggi. Perlahan-lahan jenis PDA terutama PDA non phone sudah mulai ditinggalkan, walaupun vendor sekelas Hawlett Packard (HP) disekitar 2007 -2008 masih me-release PDA non Phone (Ipaq 212).  Artinya pengguna PDA non phone relatif masih ada.

Saya adalah termasuk diantaranya. Hingga sekarang saya masih menggunakan PDA jadul yang sempat legendaris di zamannya yaitu HP Ipaq HX4700. Waktu itu saya memilih PDA jenis ini dengan pertimbangan karena memiliki layar lega 4 inch serta beberapa fitur pendukung yang sangat mumpuni. Boleh dibilang PDA ini masih sangat up to date sampai sekarang. Apalagi operating system (OS)-nya bisa upgrade hingga Windows Mobile (WM) 6.1. Secara keseluruhan PDA ini sudah menemani saya dalam kurun waktu cukup lama.

Ipaq 212 dan Ipaq HX4700
Ipaq 212 dan Ipaq HX4700

Sampai akhirnya saya memutuskan untuk membeli PDA baru keluaran HP juga yaitu Ipaq 212 OS Windows Mobile 6.5. Tetep saja saya beli PDA  non phone.  “Ngapin juga beli PDA gak bisa buat telpon,” sindir beberapa teman saya. Seraya juga saya menjawab,” Lha mosok saya nelpon dengan gadget segede gini,” ya gak mungkin la yawwww.

Makanya sampai sekarang untuk urusan telepon menelepon tetep aja saya setia pakai Aino dan W902 saya. Secara lebih praktis daripada menggunakan PDA Phone.

Meski dipasaran kini membanjir produk gadget baru yang makin canggih, kemungkinan beberapa tahun kedepan saya masih menggunakan kedua PDA saya ini. Hampir semua fitur yang saya butuhkan sudah terakomodir, mulai program office, game, multimedia, browsing, chatting, dan tetek mbengeknya semua sudah tersedia. Ngapain saya membeli gadget baru kalau fitur masih sama.

Buat yang punya PDA non phone, jangan dibuang deh, sayang…. (atau kasihkan  ke saya saja hehehehe…)  mending di make over aja. Biasanya sih ada beberapa aplikasi yang saya gunakan untuk meng-make 0ver PDA saya.

Nah berikut saya sharing aja untuk aplikasi make over atau aplikasi untuk mempercantik tampilan PDA kita.

  1. SPB Mobile Shell
  2. WisBar Advance dan WisBar Advance Desktop

Ketiga aplikasi di atas sangat bagus dan ringan saat digunakan di PDA kita. Yang lebih okey, kita bisa kustomisasi sendiri sesuai keinginan. Banyak skin yang dapat kita gunakan.

Berikut skin yang biasa saya gunakan dan lumayan bagus.

  1. Black Panther Skin
  2. Mac OSX Skin
4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *