web analytics

Internal Memory Agar Lebih Lega di Xperia SP

Internal Memory Agar Lebih Lega di Xperia SP. Untuk smartphone sekelas Xperia SP jika tidak ditunjang dengan memory besar sangatlah disayangkan. Dengan keunggulan hardware serta performance yahud sangat disayangkan jika fitur yang diusung tidak dioptimalkan. Salah satunya bagi penggemar game, penikmat musik, dan video.

Nah, urusan pengaturan memory memang tidak seperti Xperia generasi sebelumnya. Beberapa aplikasi bisa langsung dipindahkan ke eksternal memory (MicroSD). Di Xperia SP ini aplikasi terinstall, otomatis tersimpan di  Phone Memory.  Internal Memory Xperia SP dibagi menjadi dua, Internal Storage yang difungsikan sebagai media penyimpan data dan Phone Memory untuk aplikasi yang terinstall.

Bagi yang doyan game dan maniak dengerin musik serta download video keterbatasan space memory yang hanya 8GB (yang dapat digunakan sekitar 5GB-an) sangatlah menggangu. Solusinya adalah menambah external memory. Karena saya suka mengkoleksi video, microSD merek SandDisk Ultra HighSpeed Class 10 32GB menjadi pilihan.

Langkah selanjutnya bagaimana external memory bisa menjadi  internal storage. Sehingga kedepan tidak perlu dipusingkan lagi dengan ketarbatasan space memory.

Oke sekarang langkah-langkah yang harus dilakukan.

  1. Syarat handphone harus sudah diroot terlebih dahulu. Karena nanti akan menggunakan beberapa aplikasi yang membutuhkan hak akses ke system.
  2. Download bahan untuk file extsd2internalsd_sp.txt dan Script Manager di sini..
  3. Selanjutnya extract kedua file zip yang didownload dari poin nomer 2.
  4. Install aplikasi ScriptManager.
  5. Copy file hasil extract zip yang bernama extsd2internalsd_sp.txt ke folder /data dengan menggunakan aplikasi semacam RootExplorer.
  6. Buka aplikasi ScriptManager, klik browse root allow kemudian ok.
  7. Cari file extsd2internalsd_sp.txt yang sudah dicopy sebelumnya di folder /dataPencet kemudian pilih OpenAs Script/Executable.
  8. Pilih SU dan  Boot, Simpan, kemudian Boot. (Lihat gambar 1)
  9. ReBoot handphone, tunggu .. dan Taraaaaa …. Selamat internal storage anda lebih lega sekarang. (Lihat gambar 2)

Gambar 1.

ScriptManager
ScriptManager

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.

Internal Storage sebelum dan sesudah
Internal Storage sebelum dan sesudah
154 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *