web analytics

Install Custom ROM di HTC Wildfire S, S-ON, JikantaruROM XE

Ini adalah tulisan tutorial terakhir saya yang membahas tentang HTC Wildfire S. Pada tutorial kali ini lebih akan dijelaskan bagaimana menginstall Custom ROM. Pada dua pembahasan tentang Wildfire S (WFS) sebelumnya, yaitu tentang bagaimana Unlock Bootloader dan Root WFS. Saatnya bagaimana mengoptimalkan HH ini. Supaya Internal Storage lebih lega, tampilan UI lebih menawan. Install Custom ROM di HTC Wildfire S, S-ON, JikantaruROM XE.

Ada beberapa Custom ROM yang direkomendasikan oleh beberapa Developer. Diantaranya Cynogen dan Jikantaru ROM XE. Namun saya tidak akan menjelaskan semua ROM tetapi hanya JikantaruROM XE. Pertimbangan saya dari sisi UI yang keren serta pengoptimalan beberapa fiturnya. Oke sebelum tahap demi tahap saya pandu, ada baiknya saya tunjukkan dulu hasil Instalasi Custom ROM Jikantaru ROM XE.

JikantaruROM XE
JikantaruROM XE. Klik untuk memperbesar gambar.
JikantaruROM XE
JikantaruROM XE. Klik untuk memperbesar gambar.

 

 

 

 

 

 

JikantaruROM XE
JikantaruROM XE. Klik untuk memperbesar gambar.
JikantaruROM XE.
JikantaruROM XE. Klik untuk memperbesar gambar.

 

 

 

 

 

 

Pada tutorial kali ini saya asumsikan pembaca sudah melakukan dua tahapan sebelumnya, yaitu Unlock Bootloader dan Root WFS. Sehingga tidak perlu mempersiapkan banyak hal. Hanya diperlukan file Custom ROM JikantaruROM XE. Download file tersebut di sini. “Perlu diperhatikan sebelum install Custom ROM, ada baiknya Stoke ROM (ROM Bawaan di backup terlebih dahulu). Untuk berjaga-jaga jika ingin balikin ke ROM aslinya. Oke, saatnya memulai tahapan instalasi ROM.

    1. Perlu diingat, untuk install ROM ini, diperlukan partisi memory. Ada banyak cara yang dapat dilakukan. Kebanyakan menggunakan “Mini Tool Partition”. Tetapi menurut saya kurang efektif dan menurut beberapa sumber terkadang partisi menggunakan tool ini bisa hilang sehingga aplikasi jadi error yang terinstall di SD. Secara aplikasi ini base on Windows, sedangkan Android adalah Linux. Sehingga menurut saya lebih aman menggunakan CWM Recovery yang juga base on Linux, partisi lebih mudah, cepat, dan akurat. Jika ingin menggunakan SD atau memory kapasitas besar, pilihlah yang kualitas bagus, jangan menyesal jika pada akhirnya partisi hilang atau rusak dan aplikasi-aplikasi terinsall error.
    2. Cara partisi, pertama masuk ke HBOOT. Caranya matikan HH, cabut batere dan masukkan kembali. Tekan tombol Volume Down diikuti tombol Power (Volume Down + Power).
    3. Setelah masuk di HBOOT. Pilihlah bagian Recovery agar masuk ke CWM Recovery.
    4. Setelah masuk di CWM Recovery. Pilihlah Wipe Data/factory Reset.
Advanced CWM Recovery
CWM Recovery. Klik untuk memperbesar gambar.

 

 

 

 

 

 

    1. Setelah selesai pilih Wipe cache partition.
    2. Pilih Advanced.
    3. Pada bagian ini pilih Wipe Dalvik, kemudian Format SD.. Format SD untuk memastikan saja SD benar-benar bersih sehingga waktu partisi bisa sempurna. Partisi bisa dilakukan dengan banyak cara. Terserah menggunakan metode yang mana.
CWM Recovery
Advanced CWM Recovery. Klik untuk memperbesar gambar.

 

 

 

 

 

 

  1. Setelah selesai Format SD, saatnya partisi. Karena saya menggunakan SD kapasitas 2 GB. Maka akan saya partisi menjadi dua (2). Partisi pertama untuk applikasi format EXT2, partisi kedua untuk storage, sisanya biarkan untuk cache memory.
  2. Pilih Partition SD Card, kemudian partisi pertama saya isi 500MB, kemudian pilih o.
  3. Setelah partisi selesai selanjutnya install ROM yang sudah di download. Copy ROM tersebut dengan cara pilih mounts and storage. Setelah muncul drive, kopi file ROM kedalamnya. Unmount kembali.
  4. Langkah terakhir pilih Install zip from SDcard. Pilih file ROM yang dicopy tadi dan tunggu.
  5. Setelah proses selesai, lakukan booting. Selamat Anda telah berhasil menginstall custom ROM.

Semoga menbantu. Gampang sekali bukan??? Ada pertanyaan, tinggalkan komentar di sini.

Sumber: http://forum.xda-developers.com

34 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *