Incip-incip ROM KITKAT di Xperia ZL

Gak sabar menunggu android KitKat Xperia ZL release resmi, ada alternatif lain bagi yang ingin mencoba nikmatnya android rasa ‘COKLAT’ KitKat. Kali ini ROM yang saya uji adalah LiquidSmooth, base on ROM 4.4.2. Sekilas memang tidak ada perbedaan yang signifikan, namun jika dilihat lebih dalam, ada beberapa fitur tambahan serta penyempurnaan kualitas dari ROM JB sebelumnya. Dari tampilan, karena ini Custom ROM (CUSROM), tentu tidak sama persis dengan ROM asli besutan GOOGLE, ada beberapa penyasuaian.

Sama seperti CUSROM AOKP pada umumnya seperti CyanogenMod, ROM ini benar-benar kosong melompong, sehingga untuk Google Apps harus diinstall secara terpisah. Secara performance sangat lembut, halus, tanpa tersendat sedikitpun. Bahkan jika dibandingkan dengan STOCK ROM bawaan XZL. Yang lebih keren lagi adalah fitur off screen dengan double tap pada layar. Jadi gak perlu sering-sering tekan tombol power. Walaupun sebenarnya banyak aplikasi auto on of screen :D.

Kualitas kamera bawaan ROM ini juga bagus, bahkan saya bandingkan dengan kualitas kamera STOCK ROM XZL dalam kondisi LOW LIGHT masih bagus ROM ini. Untuk kualitas audio, ini baru terasa bedanya, memang jauh dengan bawaan Walkman ala Sony. Tapi jangan khawatir, saya menggunakan TTPOD + ViperFX kualitas sudah tidak kalah lagi dengan Walkman Sony.

Yang sedikit sedih adalah beberapa fitur XZL hilang, seperti REMOTE IR dan fitur-fitur keren kamera bawaan Sony. Tapi gak papalah banyak alternatif aplikasi.

Untuk bisa menikmati ROM ini, wajib hukumnya HP di ROOT, Unlock Bootloader, dan CWM. Metode flashing ROM sama dengan cara flashing ROM lainnya. Flash kernel terlebih dahulu menggunakan Flashtool, barulah flash ROM yang sudah didownload melalui CWM. Oke, segitu saja dulu curcolnya soal incip-incip CUSROM COKLAT KITKAT. Sambil menunggu release resmi dari Sony. Matur nuwun.

Beberapa penampakan UI tapi sudah saya modif pakai BUZZ Launcher. 😀

kit1 kit2 kit3
 kit4 kit5  kit6

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *