Hidup Harus ‘CARI’ Masalah

Hidup Harus ‘Cari’ Masalah

Ah hidup sekali kok seneng cari masalah. Tunggu dulu, maksud cari-cari masalah bukan berarti seneng bikin gara-gara atau seneng bikin masalah. Tapi hidup cari-cari masalah itu adalah meluaskan pandangan, meringankan tangan, konsentrasikan pikiran, dan memasang telinga lebar-lebar agar kita peka terhadap permasalahan di lingkungan sekitar kita.

Pertemuan Singkat

Pertemuan singkat dengan Tyovan Ari Widagdo, CEO bahaso pada wisuda ke-41 Stikom Surabaya cukup membuat saya lebih melek. Cerita inspiratif yang mengisahkan perjalanan hidup seorang anak manusia yang memiliki passion dan visi jauh ke depan. Bercerita jatuh bangunnya sejak kecil saat mulai merintis bisnis hingga bagaimana menangani SDM zaman now.

Benar kata Tyovan, jika ingin sukses hiduplah dan bergaullah dengan orang-orang sukses. Seringlah stalking gaya hidup dan perilaku orang-orang sukses. Karena menjadikan role model orang-orang sukses dalam diri kita, secara tidak sadar itupun akan membentuk pribadi kita. Miliki passion yang kuat terhadap minat kita, tetapi yang menghasilkan atau memberi dampak.

Hidup

Proses hidup dimulai dari kita tidak tahu apa-apa, kemudian ada input berasal dari indra kita, dirasa, diolah oleh otak, selanjutnya akan direspon. Respon yang terjadi bisa bermacam-macam. Bisa baik, atau buruk. Nah, disinilah aspek kehidupan sosial, psikologi, dan religiusitas seseorang akan menjadi penentu dalam memutuskan ilmu serta pengalaman yang ia dapat akan dipergunakan seperti apa.

Passion

Sama, seperti saat passion saya dulu di desain, nyaris tiap hari tak ada aktivitas selain membuat desain, drawing, photography, dan aktivitas relevan lainnya. Pada suatu titik, saya merasa memerlukan tantangan baru, ilmu baru, passion baru, agar hidup lebih bermakna, lebih berisi, dan lebih bisa memberi manfaat.

Kisah Tyovan merupakan salah satu kisah lain yang mampu memberi suntikan buat kesuksesan siapapun. Sejak bangku SMP visi dan passionnya di dunia IT mengantarkannya hingga seperti sekarang. Kisah orang-orang sukses memang tak pernah selesai dan cukup jika hanya sebagai bahan bacaan atau inspirasi semata. Tetapi diperlukan untuk membangun mindset serta behavior yang tangguh melalui action tak henti-hentinya. Bangun mimpi setinggi langit agar kalau kau jatuh minimal jatuh di atas bintang-bintang.

Sama halnya saat saya memutuskan pertama kali bergabung dengan tim Dewa Eka Prayoga lewat Billionaire Store Sda nya. Untuk memulai hal baru, kita harus berani ‘nyemplung’ dulu, gelorakan passion agar setelah nyemplung tidak mati tenggelam. Gerakkan tangan dan kaki agar ritme terbentuk hingga pelan-pelan mampu berenang mengikuti irama dalam pola pikir seorang internet marketer.

Pembelajar

Jangan pernah marasa puas dan berhenti belajar, hidup itu bukan semata kamu menjadi apa, tetapi bagaimana hidupmu terus berproses, memberi dampak positif bagi orang sekitarmu. Mampu memberi solusi dalam setiap masalah sekitarmu. Beruntunglah kita hidup di Indonesia yang penuh masalah, dari sanalah akan lahir inovasi dan ide-ide kreatif. Karena kesuksesan lahir dari proses menyelesaikan masalah (memunculkan pengetahuan baru, ilmu baru, evaluasi, dll)

. Sukses buat semua saudaraku yang selalu punya passion untuk terus ‘HIDUP.’ Semoga berkah selalu terlimpahkan untuk kita semua.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *