GEN-M Potensi Market Masa Depan - Griyo Denbagus

GEN-M Potensi Market Masa Depan

Lanskap Pemasaran

Membicarakan tentang peluang gak ada matinya. Seiring perubahan pada perilaku manusia, lanskap bisnispun wajib ikut berubah jika tidak ingin almarhum. Belum kelar membicarakan marketing 3.0, sekarang sudah 4.0. Belum kelar topik yang membahas target market potensial Youth, Women, dan Netizen (YWN).

Gen-M

Belum lagi jika kita petakkan bedasarkan demografi yang mengacu pada generasi. Pernah sedikit saya singgung soal generasi baby boomer hingga generasi alpha. Belakangan muncul istilah baru, GEN-M.

Nah… generasi apa lagi ini? GEN-M adalah generasi muslim. Hmm.. jika sudah masuk ranah ini, kadang sedikit sensi. Tapi apa mau dikata, tren tetaplah tren. Apapun dalam bisnis bisa menjadi komoditi menguntungkan, bahkan sudah melampaui batas-batas suku, agama, ras, dan golongan. Dalam sebuah artikel majalah marketeers menceritakan seminar yang digelar oleh Ogilvy Noor London. Sebagai panelis dalam kegiatan tersebut adalah seorang wanita muda muslim Shelina Janmuhamed. Ia mengungkap beberapa fakta melalui buku bertajuk “Generation M, Young Muslim Changing The World 2016.” Diungkapkan bahwa 60% penduduk muslim dunia berada di bawah 30 tahun. Fakti menarik ini menggambarkan pasar masa depan yang potensial. Studi lain dilakukan oleh Thomson Reuter di Dubai, menyebutkan binis yang terkait dengan muslim sedunia mencapai US$ 1,8 triliun 2014 dan diprediksi akan menjadi US$ 2,6 triliun pada 2020.

Geliat ekonomi syariah terlihat nyata, walau perlahan namun pasti. Lahirnya ‘halal lifestyle’ seolah melegitimasi bahwa potensi Gen-M sangat layak menjadi target market yang sangat potensial. Pemain yang ikut andil dan ‘kecipratan’ berkah bukan hanya kaum muslimin. Banyak non muslim yang juga mampu mengoptimalkan peluang ini. Sebagai contoh, Marco Tiemo seorang katolik yang membuka perusahaan konsultan halal di Malaysia. Ia melihat peluang adanya kepedulian dan life style yang saling terkait. Masyarakat muslim sudah semakin aware terhadap halal haram makanan yang akan dikonsumsi.

Pasar Indonesia

Lahirnya bank syariah, jasa keuangan syariah, dan bisnis syariah merupakan bukti bahwa perusahaan sudah paham atas potensi besar di pasar ini. Peran wanita muda muslim dalam memberdayakan potensi bisnis juga tidak bisa dipandang remeh. Selain sebagai target pasar, mereka juga aktif dalam meniti karir bisnisnya. Tak tanggung-tanggung dalam ajang sebesar fashion week event bertaraf internasional selalu saja ada desainer-desainer hijab asal Indonesia. Jadi jangan anggap remeh pasar muslim di Indonesia.

Halal Lifestyle

Sedikit saya singgung di awal, halal lifestyle tidak hanya terkait sertifikat halal yang dikeluarkan oleh lembaga resmi saja. Namun dalam segala aspek kehidupan harus mengacu halal dan tidaknya sebuah komoditas. Dimakan, digunakan, dan dikenakan. Sebagai muslim sudah sepatutnya setiap perilaku dan tindak tanduknya harus didasarkan dalam tuntunan Islam, yaitu Al-Qur’an dan Hadist. Jangan sampai halal lifestyle hanya sebatas slogan dan label yang tak terbatas dengan menghalalkan segala cara. Nah, inilah tugas kita sebagai pebisnis muslim untuk terus mengedukasi sekaligus dakwah bagaimana bergaya hidup yang syar’i dan tentunya halal.

Kesimpulan

Dengan bertambahnya lanskap pemasaran seperti sekarang, pelaku bisnis sudah seharusnya melihat tanggap terhadap fenomena ini. Data fakta di atas sudah sangat jelas, Gen-M adalah pasar potensial sekarang dan yang akan datang. Gen-M perlu pengakuan terhadap gaya hidup modern tetapi tetap syar’i dan halal. Itulah kenapa mereka ingin memiliki pasar yang spesifik.

Terakhir, globalisasi memang sudah tidak terbendung. Dalam beberapa kajian, umat Islam harus lebih waspada dengan terjangan modernisasi. Pendekatan melalui Food, Fun, dan Fashion adalah cara-cara paling mudah untuk merusak aqidah kita sebagai muslim. Oleh karenanya, pagari diri, batasi diri untuk tetap istiqomah belajar Islam secara kaffah, agar kita tidak terjerumus dalam gemerlapnya dunia dan tenggelam dalam gelapnya akhirat.

Semoga tulisan ini bermanfaat, menginspirasi, dan menjadikan kita sebagai hamba Allah yang selalu bertaqwa. Mohon maaf jika ada salah tulis dan kata, semata karena kelemahan dan kekurangan penulis.

#denbagus #marketing #muslim #moslem #generasi m #gen-m #denbagus #quinclonk

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *