web analytics

Flash ROM KXP di Xperia Arc S – Jelly Bean

Ada beberapa teman yang menanyakan cara flashing ROM KXP. Kenapa saya buat tutorial ini, tujuan utama untuk membantu teman saja supaya mudah belajarnya. Sebenarnya banyak sekali ROM untuk Xperia Arc S yang sudah saya coba. Masing-masing ROM memiliki kelebihan dan kekurangan. Sehingga ROM tertentu bagus di gunakan untuk Handheld (HH) A, belum tentu bagus di Handheld B. Makanya perlu trial and error. Pertimbangan kenapa tutorialnya hanya ROM KXP, ada beberapa hal mendasari dibuatnya tutorial ini. Pertama, saat ini OS android sebagian besar sudah versi 4.1.1 atau Jellybean (JB). Sehingga beberapa orang kalau HHnya tidak bisa menikmati JB dianggap dah kuno. Kedua, ROM base JB diklaim lebih ringan, UI Simpel tapi elegan, konsumsi daya dan memory irit dibandingkan dengan Ice Cream Sandwich (ICS) sehingga lebih smooth dan cepat.

Namun kembali lagi, karena JB adalah versi terbaru OS Android, tentu masih ada beberapa kendala, ada beberapa aplikasi atau game yang biasa jalan di Gingerbread (GB) bisa jadi tidak berjalan dengan sempurna atau malah tidak kompatibel. Apalagi dengar-dengar secara official Sony tidak akan mengeluarkan update JB untuk Xperia 2011. Sehingga mau tidak mau agar dapat menikmati JB di Xperia Arc S harus menggunakan Custom ROM (Cusrom). Untuk mempermudah dalam membandingkan ROM mana yang baik dan tepat buat HH kita memang harus dicoba-coba. Untuk yang doyan game sampai saat ini masih banyak yang merekomendasikan menggunakan ROM base on GB karena kestabilan, smooth, dan fast. ROM yang pernah saya pakai dan puas adalah buatan cyanogen CM7. Terkenal paling tangguh buat game. Sedang yang base on ICS bisa coba ROM Jelly Sandwich, terakhir saya coba versi 6.2.

Sedangkah untuk Cusrom base on JB yang pernah saya coba adalah CM10 keluaran cyanogen dan KXP.

Lalu kenapa kok KXP, menurut saya untuk saat ini ROM yang sudah lumayan bagus base on JB adalah KXP dan CM10. Untuk yang CM10 di HH saya ada beberapa masalah hingga sekarang belum terpecahkan. Makanya sekarang pakai KXP. Kelebihan lain adalah ketergantungan saya dengan ON SCREEN BUTTON. Fitur tambahan ini mengalih fungsikan tombol manual back, home, recent dengan touch screen. So tombol manual jadi awet, kebanyakan tombol ini sering rusak dan crome ngelontok karena keseringan dipencet.

Keperluan yang dibutuhkan untuk Flash CUSROM KXP:

  1. HH harus sudah ROOT, Unlockbootloader.
  2. Download file ROM KXP.
  3. Download kernel, boleh kernel lainnya bawaan atau pakai bawaan ROM KXP.
  4. Beberapa modul dan fix file, untuk memperbaiki bug yang ada. (Bisa baca langsung di thread aslinya)
  5. Flashtool.
  6. CWM Recovery.
  7. Titanium Backup.
Semua source file dapat di download di original source: http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1859518

 

Langkah-langkahnya sangat mudah.

Pertama

Sebelum menginstall CUSROM biasakan melakukan backup lewat CWM (Nandroid Backup), tujuannya jika sampai terjadi kegagalan dalam flash CUSROM bisa langsung direstore kembali kesemula. Kemudian lakukan juga backup lewat Titanium Backup, untuk merestore beberapa atau keseseluruhan aplikasi, biar tidak install satu persatu. Setelah proses backup selesai, pindah atau kopikan ke PC atau laptop file backup tadi. (Untuk restore backup dari titanium kadangkala tidak bisa restore secara sempurna, saran restore aplikasi yang memang perlu saja. Untuk aplikasi lain silahkan install manual.

 

Kedua

Setelah backup selesai langkah berikutnya adalah mengcopy file yang telah di download (ROM, FIX File ke dalam SD Card). Setelah itu install/flash kernel. Kebetulan kernel yang saya gunakan adalah kernel Lupus. Untuk flash kernel lakukan melalu aplikasi Flashtool. Pilih “Fastboot Mode” Lihat gambar di bawah.

Fastboot Mode
Fastboot Mode

 

 

 

 

 

Kemudian pilih “Reboot into Fastboot via ADB …” Maka otomatis HH akan reboot pada mode fastboot, ditandai lampu dekat colokan usb berwarna biru biru.

Reboot Fastboot Via ADB
Reboot Fastboot Via ADB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ketiga
Setelah flash kernel berhasil, berikutnya adalah reboot untuk masuk ke CWM Recovery.

Keempat
Wipe All Data (Wipedata/Factory Reset, Wipe cache partition, Wipe dalvik Cache)

Kelima
Install ROM, “Install Zip from SDCard” pilih ROM yang tadi di download dari SD Card. Install. Tunggu hingga selesai. Setelah itu reboot.

Keenam
Masuk lagi ke CWM install FIX File. Reboot lagi, selesai……
Mudah bukan. Jika masih ada langkah yang kurang jelas, kirim pesan lewat komentar. Good Luck.

 

Beberapa capture dari ROM KXP dengan Kernel Lupus.

Screenshot ROM KXP
Screenshot ROM KXP – Klik untuk memperbesar gambar.
61 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *