web analytics

Fitur Google Camera Makin Keren

Fitur kamera pada menjadi salah satu faktor penting bagi seseorang dalam membeli smartphone. Apalagi tren ‘SELFIE’ kian favorit di seluruh kalangan. Tak ayal, berbagai fitur disematkan oleh produsen smartphone untuk ‘membujuk’ calon konsumennya. Berbagai aplikasi pengolah foto membanjiri Google Play Store, secara alami hanya aplikasi yang bisa diterima saja yang mampu bertahan. Sekitar bulan April yang lalu Google resmi meluncurkan Google Camera, sayangnya  hanya bisa jalan di Android versi terbaru 4.4.x (Kitkat). Fitur Google Camera makin keren.

Fitur-fitur tersebut  diantaranya:

  1. Photo Sphere, untuk mengambil gambar secara 360º.
  2. Lens Blur mode, fitur yang mirip dengan efek lensa pada kamera DSLR yang bisa diatur depth of field (DOF)nya.
  3. Panorama mode, untuk memotret panorama.
  4. Fitur pengolah foto (Filter Effect).
  5. Tampilan lebih sederhana namun optimal.
Fitur Kamera
Fitur Kamera

Saya tidak akan membahas semua fitur yang ada, tetapi hanya pada fitur Lens Blur Mode. Alasan saya jelas, fitur ini fitur yang menurut saya paling keren. Fitur-fitur pengolahan foto sudah banyak jenisnya. Handheld (HH) sekelas HTC saja baru menggunakan fitur sejenis di kelas premiumnya HTC One M8 dan generasi terbarunya. Fitur ini mereka sebut UFocus. Adanya UFocus karena kemampuan hardware dua kamera dibelakang yang memungkinkan pengguna memilih fokus yang mana. Sedangkan Sony memiliki fitur addon  yang bisa ditambahkan pada kamera mereka dengan nama Background Defocus. Sayang Defocus milik Sony tidak bisa melakukan kustomisasi, terutama dalam menentukan titik fokus, sehingga foto yang dihasilkan kurang optimal.

Tampilan Setting Camera
Tampilan Setting Camera

Berbeda dengan fitur UFocus milik M8 yang nyaris mirip dengan fitur Lens Blur Google Camera, keduanya bisa melakukan kustomisasi dalam menentukan kedalaman ruang tajam serta titik fokus objek. Sehingga kita menghasilkan foto yang mirip dengan efek lensa kamera DSLR sungguhan. Sebenarnya selain fitur kamera ada aplikasi yang hampir mirip adalah AfterFocus, namun hasil saya rasakan masih kurang.

Filter Efek
Filter Efek
Kustomisasi DOF
Kustomisasi DOF
4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *