Desain, Marketing, Branding

Desain, Branding, Marketing
Desain, Branding, Marketing

Selama belajar desain, kerap kita melupakan kaitan karya desain kita dengan tujuan yang diharapkan. Padahal sudah sangat jelas, desain bukanlah karya seni. Meskipun di dalamnya melipatkan unsur keindahan, namun ada yang lebih penting dari sekedar keindahan. Konsep, strategi, unsur desain, dan berbagai pendekatan lain harus diperhatikan. Produk desain bisa bermacam-macam tujuannya. Bisa sekedar untuk branding membangun awareness, marketing, atau bahkan closing.

Desain, branding, dan marketing merupakan satu bagian yang tak terpisahkan, saling terkait satu sama lain. Salah satu elemen pembentuk pada maketing tool adalah desain. Bisa berupa media promosi atau sekedar visual pendukung pada media promosi.

Ibarat tubuh, desain telah menyatu pada marketing. Belakangan, peran audio visual sudah sangat menonjol, selain lebih menarik, perilaku manusia sudah berubah. Suka yang praktis dan cepat. Didukung lahirnya berbagai platform mobile dan media sosial. Kondisi ini memaksa pelaku bisnis mau tidak mau harus melengkapi lini pemasar mereka dengan strategi yang lebih menarik melalui media audio visual.

Saking banyaknya model pemasaran dalam bentuk audio maupun visual, kita tidak menyadari kalau setiap hari telah dibombardir dan dikepung oleh berbagai penawaran iklan di sekitar kita.

Desain memiliki makna yang sangat luas. Secara spesifik ada bidang khusus yang mempelajari desain. Berbagai keilmuan didapat dalam bidang desain, meskipun secara spesifik tidak terlalu dalam. Ada psikologi, komunikasi, bahasa, visual, dan keilmuan lain yang relevan. Seluruh elemen bisa digunakan untuk menentukan prinsip strategis yang ingin dicapai dan harus dipahami oleh seorang desainer.

Karya desain dipastikan harus mampu ‘mengejewantahkan’ (red. menterjemahkan) maksud dari karya desain tersebut dibuat (membangun awareness, call to action, atau tujuan lainnya).

Jadi sudah sangat jelaskan, desain tidak bisa terpisahkan dari marketing. Keduanya merupakan hubungan yang saling terkait “simbiosis mutalisme.”

pic. designone.co.uk

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *