web analytics

Cara Mudah Root HTC Wildfire S

Root memiliki banyak definisi. Karena bahasannya berkaitan dengan Handheld (HH) Android otomatis definisi yang dimaksud adalah suatu cara atau proses yang dilakukan oleh user untuk mendapatkan hak akses penuh terhadap HH yang dimilikinya, biasa dikenal dengan “SuperUser”. Sehingga pengguna dapat melakukan modifikasi sesuai keinginannya. Termasuk mengatur secara penuh aplikasi dan User Interface (UI) yang di kehendaki. Saya tidak akan menerangkan lebih jauh tentang definisi ROOT ini. Karena saya anggap pembaca sudah memahaminya, termasuk resiko yang mungkin terjadi. Cara Mudah Root HTC Wildfire S

Bahasan utama pada tulisan kali ini adalah tentang bagaimana cara mudah ROOT pada HTC Wildfire S (WFS). Jika sebelumnya untuk dapat ROOT WFS harus menggunakan XTC-Clip, dengan sudah keluarnya Unlock Bootloader dari HTC Dev, maka ROOT WFS tidak perlu lagi alat XTC-Clip. Untuk melakukan ROOT pada WFS sebenarnya ada beberapa cara, diantaranya dengan menggunakan “HTC Supertool” dan Wildfire S Manager.

Namun kali ini saya akan menjelaskan cara yang berbeda untuk ROOT WFS ini. Tapi terserah Anda akan menggunakan cara yang mana. Pada prinsipnya hampir sama.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan diantaranya:

  1. HTC Sync
  2. Kabel Data
  3. Wildfire S Manager
  4. File root.zip

Oke langsung saja ke step by step cara ROOT WFS. Perlu dicatat sebelum dilakukan ROOT, HH harus sudah di Unlock Bootloader.

    1. Setelah proses Unlock Bootloader berhasil, saatnya install ClockWorkMod (CWM) Recovery 5.0.2.6 yang akan digunakan untuk flashing dan update ROM termasuk ROOT. Untuk install CWM download file Wildfire S Manager di sini.
    2. Sebelum install CWM, pastikan HH sudah di aktifkan USB debugging. Caranya, masuk menu Setting>Applications>Development>Centang USB debugging.
    3. Setelah itu jalankanWildfire S Manageryang sudah didownload sebelumnya. Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.

      Tampilan Wildfire S Manager saat pertama dijalankan.
      Tampilan Wildfire S Manager saat pertama dijalankan. Klik untuk memperbesar gambar.

 

    1. Lanjutkan tekan enter dan muncul tampilan seperti gambar berikut.

      Tampilan Kedua Wildfire S Manager setelah di ENTER.
      Tampilan Kedua Wildfire S Manager setelah di ENTER. Klik untuk memperbesar gambar.

 

    1. Berikutnya tancapkan kabel data ke PC dan ke HH, kemudian ketik angka 1 (All In One Go) dan ENTER.Maka akan tampil seperti gambar berikut ini.

      Tampilan Ketiga Wildfire S Manager.
      Tampilan Ketiga Wildfire S Manager. Klik untuk memperbesar gambar.

 

    1. Pilih nomer 1 (Root With ClockWorkMod). Tekan ENTER. Maka akan tampil seperti gambar berikut di layar Komputer. Biarkan saja, ikuti hingga proses selesai.

      Proses Install CWM Recovery
      Proses Install CWM Recovery. Klik untuk memperbesar gambar.

 

    1. Kemudian perhatikan perubahan di tampilan HH Anda, tunggu beberapa saat tampilan di HH berubah hingga seperti gambar berikut ini.

      Tampilan CWM Recovery setelah terinstall.
      Tampilan CWM Recovery setelah terinstall.

 

  1. Pada tahap ini instalasi CWM Recovery selesai. Selanjutnya proses ROOT
  2. Terlebih dahulu download file root.zip di sini
  3. Langkah berikutnya adalah install file Root.Jika kondisi HH masih masuk di CWM Recovery, ROOT dapat langsung dilakukan. Namun jika belum, harus masuk melalui HBOOT.
  4. Caranya tekan tombol Volume down + Power. Saat sudah masuk ke bagian HBOOT seperti gambar di bawah. Pilih Recovery. Tunggu beberapa saat hingga tampil CWM Recovery.
    Tampilan HBoot
    Tampilan HBoot. Klik untuk memperbesar gambar.

     

  5. Setelah masuk di bagian CWM Recovery, saatnya menyalin (copy) file root.zip ke SD dengan cara pilih mount and storage. Maka akan tampil drive dimana kita akan masukkan file root.zip ini.
  6. Setelah file terkopi, unmount kembali
  7. Selanjutnya pilih install zip form sd card. Cari file root.zip kemudian install.
  8. Tunggu beberapa saat, maka Wildfire S Anda telah di root.
  9. Booting WFS Anda. Periksa di bagian menu-menu. Jika proses root berhasil ada aplikasi bernama SuperUser.

Semoga bermanfaat. Ada pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan atau komentar.Tutorial berikutnya akan dijelaskan bagaimana Install Custom ROM. Agar Internal Storage lebih lega dan lebih cantik penampilan User Interfacenya.

 

Penampakan Wildfire S setelah ROOT
Penampakan Wildfire S setelah ROOT. Klik untuk memperbesar gambar.
Penampakan setelah ROOT
Penampakan setelah ROOT. Klik untuk memperbesar.

 

Referensi :

  • http://forum.xda-developers.com
  • http://www.kaskus.us
92 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *