Cara Mencari HP Android yang hilang

Setiap tulisan di sini sebagian besar karena terinspirasi dari kejadian nyata. Termasuk judul di atas. Latar belakang saya menulis ini karena ada rekan saya yang kehilangan HP Androidnya dan tidak segera melakukan pencarian. Sehingga HP tidak dapat dilacak.

Sebenarnya jika kita paham benar semua fitur yang ada di smartphone kita, kejadian tersebut bisa diminimalisasi. Atau paling tidak kita masih bisa berbuat sesuatu jika HP kita hilang atau ketelisut. Tidak usah panjang lebar langsung saja akan saya pandu untuk menemukan HP Android yang hilang ini.

Masing-masing HP android sebenarnya sudah dilengkapi dengan fitur canggih oleh produsennya. Contoh paling gampang di HP jajaran Sony, ada fitur namanya MyXperia fitur ini bisa langsung di aktifkan melalui device yang kita miliki. Dengan fitur MyXperia ini kita bisa mencari lokasi dimana handphone (HH) kita berada, setelah ketemu kita bisa melakukan tindakan. Gunakan account gmail yang biasa kita pakai di playstore atau yang terkoneksi dengan HH kita.

Catatan:Semua fitur pencarian akan berjalan dengan baik jika HH tidak mati, belum di hard reset, dan dalam jangkauan satelit.

Gambar Tampilan MyXperia

Tampilan MyXperia
Tampilan MyXperia

 

 

 

 

 

 

 

Setelah HH kita terdeteksi, tinggal klik saja locate, maka otomatis akan mencari lokasi HH kita. Selanjutnya pilih langkah selanjutnya. Ada pilihan Sound Alert jika kita tekan, HH otomatis berbunyi, sehingga jika HH hilang atau tidak tahu keberadaanya langsung berdering. Bisa jika kita melakukan lock HH atau menghapus data/reset data. Tinggal pilih saja sesuai kebutuhan.

Tutorial di atas hanya berlaku untuk HH milik Sony yang ada fitur MyXperia. Jika HH kita tidak memiliki fitur tersebut, tidak usah kecil hati. Google sudah berbaik hati menyediakan layanan “Android Device Manager”.  Layanan ini dapat diakses di Android Device Manager, tampilan terlihat seperti di bawah.

Android Device Manager
Android Device Manager

 

 

 

 

 

 

 

 

Cara di atas bisa difungsikan untuk semua HH Android. Sistem kerjanyapun tidak jauh berbeda dengan aplikasi MyXperia. Kita klik tombol Ring, Lock & Erase.

Gimana mudah bukan? hal-hal semacam ini sebenarnya terlihat sederhana dan sepele, namun jika sudah kejadian baru kita merasa perlu dan penting. Makanya kalau punya smartphone kita harus ikutan smart.

Selain fitur dan aplikasi di atas, ada beberapa aplikasi juga yang dapat dimanfaatkan untuk mencari HP yang hilang.
Berikut beberapa aplikasi yang bisa di unduh melalui Playstore.

  1. Android Lost
  2. Wheres My Droid
  3. Plan B

Untuk lebih jelasnya dari aplikasi-aplikasi di atas bisa cari sendiri ya.

Semoga bermanfaat.

122 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *